RSS

Porto Folio itu apa ya !

12 Des

PORTOFOLIO

PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan KBK dikembangkan berbagai teknik penilaian yang berbasis pada penilaian otentik. Salah satu penilaian yang diterapkan adalah pengumpulan tugas dalam bentuk portofolio.

PENGERTIAN PORTOFOLIO
Portofolio, berasal dari Bahasa Inggris portfolio, berarti kumpulan hasil karya siswa yang menyajikan kemajuan, pencapaian dan prestasi masing-masing siswa yang mencakup:
• partisipasi siswa dalam memilih muatan portofolio,
• kriteria seleksi,
• kriteria penilaian,
• fakta-fakta yang menggambarkan diri para siswa.

Berbeda dengan berkas dalam bentuk tugas sejenis yang bersifat konvensional, sebuah portofolio harus:
• dibuat sendiri menurut kreativitas siswa,
• menyediakan kesempatan bagi siswa unjuk kerja,
• mencakup informasi yang sangat berarti bagi siswa ,
• dikumpulkan untuk menyampaikan kemampuan dan perkembangan.

Kriteria seleksi materi yang harus ada dalam portofolio:
• benar-benar bermakna,
• merefleksikan perkembangan siswa,
• berkaitan dengan tujuan pembelajaran,
• memperjelas performa yang diharapkan,
• menjadikan media untuk berbagi pengalaman (sharing) antara siswa dengan pihak terkait (guru, orangtua, teman/kawan sebaya/sekelas).

Isi portfolio dinyatakan baik bila memenuhi kondisi :
• merefleksikan semua konteks di dalam pembelajaran,
• merefleksikan dan memfasilitasi gaya belajar,
• mengundang gambaran jati diri siswa,
• memberikan contoh kemajuan terhadap pencapaian terhadap wilayah, sekolah, atau tujuan pembelajaran yang bersifat individual,
• cukup merefleksikan kemampuan dan minat,
• menjadi basis untuk pemikiran yang berguna/bermakna, dan kemampuan untuk mengkomunikasikannya,
• dapat digunakan untuk menginformasikan instruksi dan keputusan akhir.

Wadah pengumpulan porfolio dapat berupa folder/map, kotak, komputer, dan sebagainya.

Data formatif dikumpulkan berdasar hasil saat itu dan pencapaian prestasi siswa dari hari ke hari. Untuk ini, guru harus menyediakan sebuah ‘process folio’ berupa kemajuan nilai-nilai yang dicapai siswa, beserta komentar guru dan catatan observasi, evaluasi diri siswa, catatan perbandingan kemajuan dan catatan rencana untuk tugas selanjutnya.

Penilaian terhadap portofolio tergantung pada tujuan utama pemberian tugas portofolio. Jika tujuan portfolio adalah agar siswa dapat menilai dirinya (self assessment), akan sangat baik bila diberikan pertanyaan yang menggugah. Contoh pertanyaan yang diberikan kepada siswa:
a. Apa yang telah kamu pilih untuk dimasukkan ke dalam folder/map milikmu?
b. Mengapa kamu memilih topik/bagian tersebut?
c. Mengapa topik tersebut dinilai penting olehmu?
d. Apa yang dasar pemikiranmu dalam memilih topik/bagian tersebut?
e. Apa yang menjadikan pertimbangan sehingga topik/bagian tersebut kamu simpan ke dalam folder/map milikmu?
f. Apa yang kamu peroleh dari aktivitas yang telah kamu kerjakan?
g. Apakah kamu ingin membuat yang berbeda di waktu mendatang?
h. Apa yang akan kamu ubah, jika ingin membuat yang lain?
i. Mana yang kamu rasa paling baik dari keseluruhan koleksimu?
j. Apa yang menjadi pertimbanganmu sehingga hal tersebut kamu pandang yang terbaik?
k. Aku melihatmu telah mengubah hasil karyamu, dan berbeda yang yang telah kamu koleksi. Apa yang menjadi alasanmu mengubah karyamu?
l. Dari mana kamu memperoleh ide/gagasan untuk mengubahnya?
m. Dalam hal apa saja hasil karyamu yang baru itu berbeda dengan yang telah kamu miliki sebelumnhya?
n. Apa yang kamu coba lakukan untuk hal-hal yang sebelumnya berlum pernah kamu lakukan?
o. Apa yang akan kamu pilih untuk projek/kegiatanmu selanjutnya?

Bila tujuan pemberian portofolio untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan kemajuan siswa, dapat dilakukan melalui dialog yang sifatnya debat dengan pertanyaan yang disertai dengan komentar dan dorongan/sugesti, sehingga akan lebih bermakna bila, misalnya:
a. Idemu sangat menarik, bagaimana kamu memperoleh …
b. Mungkin ada cara lain yang dapat dipilih, coba pertimbangkan jika …
c. Mungkin ada hal lain yang perlu kamu pertimbangkan …
d. Saya berharap bahwa bagian ini akan menjadikan karyamu lebih baik, akan tetapi bagaimana jika …
e. Menurut perasaanku masih ada yang …

Dialog yang dikembangkan dalam penggarapan portofolio dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal:
a. Komentar yang diberikan berupa pengalaman personal yang sejenis dengan apa yang dialami siswa
b. Pertanyaan merangsang siswa untuk lebih berpikir
c. Komentar terhadap setiap bagian dari karya siswa untuk menemukan minat siswa, kejelasan siswa, dalam upaya membantu siswa, dan lain sebagainya
d. Hal-hal yang dapat mendorong/membesarkan hati yang berhubungan dengan kemajuan siswa
e. Membantu siswa untuk merevisi, untuk memperluas kemampuan menilai diri, ataupun untuk melengkapi proyek yang dikerjakan
f. Pemantapan kembali nilai pada diri siswa berkait dengan mencoba sesuatu, resoko berbuat, dan membuat kesalahan.

Jika tujuannya ingin mengetahui hasil yang terbaik di antara para siswa, perlu dilakukan pemilihan dengan cara invitasi atau penyaringan dari karya-karya yang dihasilkan para siswa melalui persentasi disertai dengan adu argumentasi.

Penutup
Portfolio akan menjadi sangat miskin makna jika tidak ditindaklanjuti dengan dialog antara guru dengan siswa pembuat portfolio. Melalui dialog guru dapat memperoleh gambaran/deskripsi tentang:
a. Bagaimana cara siswa memilih isi portofolio?
b. Sejauh mana pilihan tersebut bermakna bagi siswa yang bersangkutan?
c. Bagaimana cara siswa mengkomunikasikan pikiran/gagasannya?
d. Observasi apa, hubungan apa, dan kesimpulan apa saja yang dibuat siswa?
e. Apakah portofolio dan kerjasama antara guru dan siswa memberikan hal-hal yang lebih luas atau memberikan tujuan-tujuan baru dalam pembelajaran?
f. Bagaimana caranya menilai portofolio?

Tugas Kelompok
1. Amatilah semua kompetensi dasar (Kelas I) yang terdapat pada kurikulum mata pelajaran Saudara!
2. Pilihlah beberapa kompetensi dasar yang memiliki kemungkinan untuk dapat diberikan penugasan kepada siswa di luar jam pelajaran sekolah dalam rangka lebih memperkuat penguasaan kompetensi dasar tersebut!
3. Kembangkan model penilaian yang dapat dilakukan!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 12, 2008 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: