RSS

Pembuatan Instrumen

10 Feb

A. JENIS-JENIS INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen dapat dibagi menjadi dua macam, yakni tes dan non-tes.
Tes:
1. Tes prestasi,
2. Tes Intelegensi,
3. Tes Bakat
Non Tes:
1. Pedoman wawancara
2. Angket
3. Pedoman observasi
4. Check list
5. Skala sikap
6. Skala penilaian

B. SKALA DAN PENGUKURAN

1. NOMINAL
Skala nominal adl pengelompokan atau kategorisasi atau identifikasi kejadian atau fenomena ke dlm kelas-kelas atau kategori shg yg masuk dlm satu kelas atau kategori adl sama dalam hal atribut atau sifat. Kelas atau kategori tsb hanya nama untuk membedakan suatu kejadian atau peristiwa dgn kejadian atau peristiwa lain. Perbedaan angka hanya menunjukan adanya obyek atau subyek yang terpisah dan tidak sama. Skala nominal akan menghasilkan data diskrit.Contoh: Pria = 1, Wanita = 0, nomor punggung pemain sepak bola.

2. ORDINAL
Suatu hasil pengukuran disebut berada pd level ordinal kalau angkanya berfungsi menunjukkan adanya pen-jenjangan atau rangking. Perbedaan angka yang dimiliki obyek yg satu dari yg lain tdk menunjukkan adanya perbedaan kuantitatif melainkan perbedaan jenjang kualitatif saja. Bila terdapat jenjang 1, 2, 3 maka kita tdk dpt mengatakan bhw jarak 3-2 sama dgn 2-1, tetapi hanya berlaku bahwa 3>2, atau 2>1, atau 3>1. Jarak jenjang antara dua angka berurutan tidak selalu sama. Contoh: pemberian nomor pemenang pada kejuruan tinju, pemberian nomor pd jenjang keharuman bunga.

3. INTERVAL
Hasil ukur berskala interval adl hasil pengukuran ordinal yg memiliki jarak antarjenjang yang tetap (selalu sama). Jadi dlm deretan 2, 3, 4, 5, 6, 7 maka kita dpt mengatakan bhw jarak 5-3 sama dgn jarak 7-5 atau 6-4. Skala ini tidak memiliki harga nol mutlak shg kita tdk dpt mengatakan bhw 6 adalah 2 x 3. Perbedaan angka pada level interval sudah mempunyai perbedaan kuantitatif dan kualitatif. Data pada level interval ini boleh dikenai opersi (+) dan (-). Contoh: angka-angka pada pengukuran suhu termometer.

4. RASIO
Level rasio pada dasarnya adalah level interval yang memiliki harga nol mutlak, artinya harga nol pada skala ini memang menunjukkan bhw atribut yg diukur sama sekali tdk ada pd obyek yg bersangkutan. Operasi-opersai (+), (-), (x), dan (:). Ukuran berat, panjang, volume merupakan contoh data level rasio.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 10, 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: