RSS

DKI Jakarta Kembali Raih Juara Umum LKS SMK 2015

26 Nov

Tanggal:
Sun, 06/14/2015 – 10:34
Intro:

Kontingen asal DKI Jakarta kembali meraih gelar juara umum dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional 2015. Keberhasilan ini membuat provinsi tersebut secara hattrick merebut gelar juara umum berturut-turut selama tiga tahun terakhir: 2013, 2014, dan 2015.

Isi:
Tangerang, Kemendikbud — Kontingen asal DKI Jakarta kembali meraih gelar juara umum dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional 2015. Keberhasilan ini membuat provinsi tersebut secara hattrick merebut gelar juara umum berturut-turut selama tiga tahun terakhir: 2013, 2014, dan 2015. Tahun ini DKI Jakarta berhasil membawa pulang piala juara 1 terbanyak di antara provinsi lainnya, yaitu 15 piala, sembilan piala juara 2, dan sembilan piala juara 3.
Di tempat kedua perolehan piala terbanyak diraih provinsi Jawa Tengah dengan 11 piala juara 1, delapan piala juara 2, dan delapan piala juara 3. Sementara di posisi ketiga ditempati oleh provinsi Jawa Timur dengan sembilan piala juara 1, sepuluh piala juara 2, dan enam piala juara 3. Pengumuman pemenang dan gelar juara umum itu dilakukan saat penutupan LKS SMK tingkat nasional XXIII dan Pameran Hasil Karya Siswa SMK 2015 di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Sabtu (13/6) malam.
Bunyi sirene seketika membahana saat Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Achmad Jazidie menekan tombol tanda ditutupnya ajang kompetisi tahunan tersebut. Jazidie didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Staf Khusus Gubernur Banten bidang Kemasyarakatan dan SDM, serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
Direktur Pembinaan SMK, Ditjen Dikmen, Kemendikbud, Mustaghfirin Amin melaporkan, kegiatan yang dibuka sejak Selasa (9/6) dan berlangsung hingga Jumat (12/6) itu dapat berjalan dengan lancar. Tahun ini, lanjut Mustaghfirin, merupakan LKS dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu melibatkan lebih dari 2.000 orang, terdiri atas peserta lomba, juri, guru pendamping, dan model. “LKS SMK tahun ini juga istimewa karena hadir di antara para peserta, siswa SMK yang dipersiapkan untuk mengikuti World Skills Competition di Brazil tahun ini,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, Mustaghfirin menyampaikan ucapan terima kasih apresiasi yang tinggi kepada dunia usaha dan industri yang telah memberikan kesempatan bagi para juara untuk menjadi karyawan. Ucapan yang sama juga ditujukan bagi sejumlah perguruan tinggi yang memberikan memberikan kesempatan bagi para juara 1 untuk mendaftar dan menjadi calon guru SMK.
Sementara itu Jazidie dalam sambutannya mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh siswa-siswa terbaik SMK. Ia juga bangga karena seluruh 34 provinsi di Indonesia mengirimkan perwakilannya dalam setiap bidang lomba. “Untuk itu saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan sedalam-dalamnya kepada para guru pembimbing yang telah menpersiapkan siswanya untuk berkompetisi di LKS ini,” ucap Jazidie.
LKS SMK melombakan 52 bidang lomba yang terbagi dalam lima kelompok besar, yaitu teknologi; bisnis dan pariwisata; pertanian; seni; serta kriya. Sebagian besar lomba diselenggarakan di ICE Tangerang, Banten, sementara enam bidang lomba lainnya dilaksanakan di sejumlah sekolah. Selain juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2, dalam kompetisi ini juga diberikan penghargaan Medal of Excellent bagi peserta LKS SMK yang nilainya memenuhi standar internasional. (Ratih Anbarini)
Foto:

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 26, 2015 in Informasi

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: